Kurikulum 1994

Kurikulum 1994, disebut K-94, adalah kurikulum operasional yang digunakan di satuan pendidikan di Indonesia mulai tahun ajaran 1994/95 hingga 2003/04. Itu dibuat sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya, yaitu Kurikulum 1984, dan disesuaikan dengan Undang-Undang no. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

kurikulum 1994

Ciri-Ciri Utama

  1. Pembagian Tahapan Pelajaran: K-94 mengubah pembagian waktu pelajaran dari sistem semester menjadi sistem caturwulan. Ini bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menerima materi pelajaran yang lebih banyak dalam satu tahun.
  2. Penekanan pada Materi Pelajaran: Pembelajaran di sekolah lebih menekankan pada materi pelajaran yang padat, berorientasi pada isi.
  3. Kurikulum Populis: K-94 bersifat populis, menerapkan satu sistem kurikulum untuk semua siswa di seluruh Indonesia. Namun, daerah-daerah memiliki fleksibilitas untuk mengembangkan pengajaran sesuai dengan lingkungan dan kebutuhan masyarakat setempat.
  4. Pembelajaran Aktif: Guru diharapkan memilih strategi yang melibatkan siswa secara aktif dalam belajar, baik secara mental, fisik, maupun sosial. Ini termasuk penggunaan soal yang mengarah kepada jawaban konvergen, divergen, dan penyelidikan.
  5. Pengajaran Sesuai dengan Kebutuhan Siswa: Pengajaran suatu mata pelajaran disesuaikan dengan kekhasan konsep dan perkembangan berpikir siswa. Tujuannya adalah menciptakan keserasian antara pemahaman konsep dan keterampilan dalam menyelesaikan soal dan memecahkan masalah.
  6. Pengajaran Progresif: Pengajaran berlangsung dari hal yang konkret ke hal yang abstrak, dari mudah ke sulit, dan dari sederhana ke kompleks.
  7. Pengulangan Materi: Pengulangan materi yang dianggap sulit diperlukan untuk memantapkan pemahaman siswa.

Penyempurnaan Kurikulum

Penyempurnaan kurikulum 1994 dilakukan secara bertahap, dengan tahap penyempurnaan jangka pendek dan jangka panjang, terutama di pendidikan dasar dan menengah.

Dengan pendekatan yang komprehensif dan inklusif, Kurikulum 1994 telah membentuk landasan yang kuat untuk pendidikan di Indonesia, memberikan arah yang jelas dalam pembelajaran dan pengajaran, serta menekankan pentingnya partisipasi aktif siswa dalam proses belajar.

PELAJARI JUGA KURIKULUM LAINNYA